Jumat, 02 Agustus 2019

Pengertian dan Penyebab Akulturasi

Pengertian dan Penyebab Akulturasi - Di sekolah kita pasti sudah sering mendengar istilah akulturasi, masih ingatkah Anda apa yang dimaksud dengan akulturasi? Mari simak penjelasan berikut ini. 


Pengertian Akulturasi 

Pengertian Akulturasi sendiri adalah suatu bentuk proses sosial, yang timbul ketika suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari kebudayaan yang lain atau asing. yang mana pelan-pelan kebudayaan asing itu diterima serta diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan atau menghilangkan unsur kebudayaan kelompok itu sendiri. akulturasi juga bisa didefinisikan sebagai perpaduan antara kebudayaan yang berbeda yang berlangsung dengan damai serta serasi. 

Sebagai contohnya, masyarakat pendatang berkomunikasi dengan masyarakat setempat dalam sebuah acara pertemuan, secara tidak langsung masyarakat pendatang berkomunikasi berdasarkan kebudayaan tertentu yang dimiliki mereka, dalam upaya untuk menjalin sebuah kerjasama atau mempengaruhi kebudayaan setempat tanpa menghilangkan kebudayaan setempat. 

Akulturasisendiri merupakan sebuah istilah dalam ilmu sosiologi yang berarti proses pengambilan unsur-unsur atau sifat kebudayaan lain oleh sebuah kelompok atau individu tertentu. 

Seperti perpaduan kebudayaan antara Hindu Budha dengan kebudayaan Indonesia, dimana dalam proses perpaduan kebudayaan tersebut tidak menghilangkan unsur-unsur asli dari kebudayaan tersebut. 

Penyebab Dari Akulturasi 

· Faktor Internal/Dalam 

Bertambahnya atau berkurangnya penduduk yang disebabkan oleh kematian, kelahiran, atau migrasi. Bisa juga dikarenakan adanya sebuah penemuan baru, konflik yang terjadi dalam masyarakat, atau bisa juga karena adanya sebuah pemberontakan atau revolusi. 

· Faktor Eksternal/Luar 

Beberapa faktor eksternal bisa dikarenakan, perubahan alam, peperangan, atau bisa juga dikarenakan adanya pengaruh budaya lain melalui difusi (penyebaran kebudayaan). 

Jadi bisa disimpulkan bahwa penyebab dari akulturasi ini ada dua faktor yang menyebabkannya yaitu, faktor eksternal dan faktor internal. Yang mana kemudian dari akulturasi ini akan menghasilkan and1 buah kebudayaan baru, atau bisa juga seni bangunan, seni rupa atau seni lukis, seni sastra, dan masih banyak lainnya hasil dari proses akulturasi ini. 

Itu saja untuk artikel kita kali ini semoga dapat membantu jangan lupa share agar semakin banyak orang yang tahu, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar