Senin, 05 Agustus 2019

Pengertian dan Jenis Gelombang

Pengertian dan Jenis Gelombang  - Pasti anda sudah sering mendengar kata gelombang? Namun panda tahu apa yang dimaksud dengan gelombang? pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai in pengertian gelombang beserta jenisnya, agar tidak bingung mari simak penjelasan berikut ini.. 



Pengertian Gelombang 

Pengertian gelombang adalah getaran, dan getaran itu bergerak dari satu tempat menuju tempat lainnya, dengan menggunakan media tertentu, atau bahkan gelombang bisa bergerak tanpa melalui media seperti di ruang hampa, jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa gelombang itu adalah getaran yang bisa berulang dan bisa merambat melalui media tertentu bahkan tanpa media sekalipun. 

Dan gelombang juga terdapat pada medium karena adanya perubahan bentuk yang menimbulkan sebuah gaya pegas dimana dapat berjalan atau juga dapat memindahkan energi dari suatu tempat ke tempat yang lainnya tanpa membuat partikel medium berpindah secara permanen. 

Selainitu juga gelombang memiliki sifat-sifat atau karakternya, seperti misalnya gelombang mengalami pemantulan atau mempunyai sifat refleksi, gelombang juga mengalami pembiasan atau sifat refraksi, gelombang juga mengalami penggabungan atau sifat interferensi, gelombang juga mengalami benturan tahu sifat difraksi. 

Jenis Jenis Gelombang 

· Gelombang Transversal 

Dimana gelombang ini memiliki arah getaran tegak lurus terhadap arah perambatan, contoh dari gelombang transversal ini adalah jika anda menjumpai gelombang air dilautan ataupun gelombang tali, dikarenakan arah getarannya tegak lurus dengan arah dari getaran maka bentuk dari gelombang ini seperti gunung dan juga lembah yang berurutan, beberapa istilah dalam gelombang transversal seperti, puncak gelombang, dasar gelombang, bukit gelombang, panjang gelombang, amplitudo periode. 

· Gelombang Longitudinal 

Gelombang yang getarannya memiliki arah sama dengan arah perambatannya, dan di gelombang longitudinal ini, gerakan dari medium gelombang searah dengan propagasi gelombang, gelombang bunyi itu adalah salah satu contoh dari gelombang longitudinal, di gelombang bunti yang menjadi medium perantaranya adalah udara, medium tersebut secara bergantian akan merapat dan juga merenggang karena adanya pergeseran getaran atau bnerpindah tempat, beberapa istilah dalam gelombang longitudinal seperti, rapatan, renggangan, panjang 1 gelombang. 

Nah dan itulah artikel kita kali ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat jangan lupa share agar semakin banyak orang yang tahu, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar